Tingkatkan Pemahaman Petani Mengenai Iklim, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Mempawah Audiensi ke Bupati Sintang

86 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Bupati Sintang Jarot Winarno, menerima kunjungan silaturrahmi / audiensi dari Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas II Mempawah Luhur Tri Uji Prayitno, di Pendopo Bupati Sintang, Rabu (28/4/2021).

Luhur Tri Uji Prayitno menyampaikan kedatangannya menemui Bupati bahwa pihaknya akan mengadakan pelatihan pemberdayaan kelompok tani ( poktan) yang rencananya akan di laksanakan pada 25 Mei 2021 mendatang di kawasan Rumah Kopi, Kecamatan Kelam Permai, karena mendapat tugas dari BMKG Pusat untuk mencari desa binaan.

Adapun materi pada pelatihan nantinya ialah terkait materi tanam perdana, pemupukan dan masa panen. Selain itu juga kata dia akan di berikan materi pemahaman terkait kontur, cuaca dan iklim.

“Kegiatan ini cukup penting dilaksanakan karena iklim memiliki peran yang sangat penting dalam proses budidaya tanaman. Terjadinya iklim ekstrim dapat berdampak buruk pada produktivitas pertanian akibat bencana banjir dan kekeringan, sehingga diperlukan adanya pelatihan untuk meningkatkan pemahaman terhadap informasi iklim,” ungkap Luhur Tri Uji Prayitno.

Sementara itu, untuk perwakilan kelompok tani yang nantinya ikut pelatihan tersebut sudah di tentukan oleh bidang PPL dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang.

Sementara itu, Bupati Sintang sangat menyambut baik dan memberi support adanya kegiatan seperti ini.

“Karena memang ini sangat penting terlebih Kabupaten Sintang cukup intens berkerjasama dengan pihak luar untuk meningkatkan kualitas dan pemahaman petani lokal dalam mengelola sistem pertaniannya,” ucap Jarot

Selain itu, di sampaikan juga kepada Bupati, bahwa di Kabupaten Sintang ini terdapat 10 pos penangkar hujan guna untuk mengetahui kondisi iklim seperti apa, yakni di Senaning, Serawai, Nanga Mau, Dedai, Binjai, Sepauk, Paribang, Binjai Hulu, Kelam & Baning. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan