Sintang Dapat Bantuan 165 Tower BTS

47 views
banner 468x60)


SM-Sintang : Tidak ada yang pernah membayangkan akan banyak bekerja dan belajar di rumah secara daring, berbelanja kebutuhan pokok secara daring, atau bahkan bersilaturahmi Lebaran dilakukan melalui daring. 

COVID-19 telah menambah satu kebutuhan pokok baru masyarakat yakni internet merupakan keniscayaan di saat harus bekerja dan belajar di rumah. Namun belum semua masyarakat Indonesia bisa menikmati koneksi internet; masih terjadi kesenjangan digital.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sintang, Jarot Winarno pada acara penyalaan listrik pertama di Desa Tanjung Kecamatan Tempunak pada Senin (4/1/2021).

“Seperti Desa Tanjung Prada ini. Di satu sisi  memang sudah terang namun di sisi lainnya sinyal telekomunikasi masih kurang, ini akan kita pikirkan kedepannyaā€¯ ungkap Bupati Sintang.

Faktor utama yang menjadi pemicu adalah masih belum meratanya pembangunan infrastruktur khususnya pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah terpencil. 

“Ini tidak saja terjadi di Kabupaten Sintang tapi di seluruh Kalimantan Barat bahkan Indonesia dengan segala kondisi geografisnya menyulitkan ketersediaan infrastruktur digital yang merata,” tambah Jarot Winarno.

Bupati Sintang menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang mendapatkan bantuan dari Kementerian Komunikasi sebanyak 165 tower BTS  yang akan kita distribusikan ke seluruh desa yang memerlukan.

Hal tersebut dibenarkan Kadis Kominfo Kabupaten Sintang, Kurniawan saat dikonfirmasikan sintangmedia.com pada Rabu (6/1/2021)

“Ya benar yang disampaikan Pak Bupati itu. Tower BTS tersebut merupakan bantuan dari Kementerian hasil dari masukan dan permintaan dari para kades di Kabupaten Sintang,” ungkap Kurniawan.

Namun demikian, lanjut Kurniawan pihaknya belum menetapkan desa mana yang akan dibangun tower BTS tersebut.

“Kita masih menunggu hasil survei dari kementerian yang menurut kabar akan dilakukan pada awal Pebruari nanti. Dari pihak Pemkab hanya akan menyiapkan lahan 20 x 20 meter saja,” jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sintang Kurniawan menyatakan, desa-desa di Sintang yang telah terakses internet baru 44 persen, atau 118 desa dari 400 kelurahan/desa di yang ada.

Diskominfo, kata Kurniawan memang telah berkomitmen memberikan kemudahan proses Pembangunan BTS yang merupakan kerjasama Kominfo dan  BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi ) untuk untuk desa- desa blank spot di Sintang. (up)


Editor : Petrus Heri Sutopo

banner 468x60)

Daerah

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 468x60)

    Tinggalkan pesan