Sambut Puasa, Wabup Ingatkan Untuk Tetap Patuhi Prokes

45 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Ramadhan sebentar lagi tiba. Wakil Bupati Sintang Sudiyanto mengingatkan agar warga untuk mematuhi protokol kesehatan jika hendak melaksanakan salat tarawih berjemaah.

“Karena masih ada COVID-19, itu kita imbau untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Itu soal salat tarawih untuk mematuhi protokol kesehatan,” kata Sudiyanto, Sabtu (10/4/2021).

Sudiyanto mengingatkan salat tarawih merupakan ibadah sunah bagi umat Muslim. Menurutnya, hal yang lebih wajib adalah menjaga kesehatan diri, termasuk mencegah diri terpapar virus Corona atau COVID-19.

“Jadi jangan nanti karena ibadah sunah kita lalai dengan kewajiban untuk memelihara diri. Untuk itu, jika dilakukan salat tarawih di masjid, lihat betul-betul kondisi dan bersinergi dengan pemerintah daerah. Apa imbauan dari pemerintah daerah, masyarakat harus patuh,” ucapnya.

Wabup juga meminta warga membersihkan rumah ibadah sebelum memasuki bulan Ramadhan. Dia mengingatkan kebersihan bisa mencegah penyebaran penyakit.

“Pertama, untuk membersihkan lingkungan dan rumah ibadah. Itu kita imbau masyarakat untuk membersihkannya dalam rangka kegembiraan kita kedatangan bulan Ramadhan,” tutur Sudiyanto.

“Kedua, dalam menyemarakkan Ramadhan, kita meminta masyarakat memperbanyak ibadah, pertama tentu ibadah puasa dan ibadah lainnya,” imbuhnya.

Wakil Bupati Sintang juga menjelaskan Bupati Sintang selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 360/1864/BPBD/2021 tanggal 5 April 2021.

Surat edaran tersebut berisikan tentang pedoman pelaksanaan kegiatan masyarakat selama bulan suci ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/ 2021 Masehi dalam masa pandemi covid-19 di Kabupaten Sintang.

Surat Edaran dikeluarkan sesuai dengan Peraturan Bupati Sintang Nomor 60 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sintang. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan