RSUD Ade M Djoen Akui Kebutuhan Oksigen Meningkat Pesat

8 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Direktur RSUD Ade M Djoen, Rosa Trifina mengakui terjadi peningkatan penggunaan oksigen sepanjang pandemi covid-19. Peningkatan tabung oksigen tersebut 50 sampai 60 tabung oksigen perharinya.

“Sejak merebaknya covid-19 ini, penggunaan oksigen kita meningkat signifikan dari yang biasanya hanya 10 perharinya meningkat jadi 50 sampai 60 tabung per harinya,” ungkap Direktur RSUD Ade M Djoen, Rosa Trifina, Selasa (29/6/2021)

Namun demikian, menurut Direktur RSUD Ade M Djoen Rosa Trifina, ketersediaan oksigen di RSUD Ade M Djoen masih mencukupi.

“Sementara untuk stok tabung oksigen kita supplay nya masih aman dan pasien pun stabil,” ujarnya.

Ditambahkannya, kebutuhan oksigen tersebut terbanyak untuk menangani pasien covid, khususnya pasien diatas usia 50 tahun.

“Rata-rata pasien covid-19 usia 50 tahun keatas yang memerlukan bantuan oksigen karena keluhannya sesak nafas,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menegaskan bahwa persediaan dan kapasitas produksi tabung oksigen di Indonesia dapat mencukupi kebutuhan medis dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini. Ia menuturkan bahwa kapasitas produksi oksigen di Indonesia saat ini ialah sebesar 25 persen untuk keperluan oksigen medis dan 75 persen lainnya untuk kebutuhan industri. Pemerintah telah memperoleh komitmen para produsen untuk mengalihkan kapasitas oksigen industri tersebut untuk keperluan oksigen medis.

Saat ini, terdapat 9 pabrik oksigen yang ada di Pulau Jawa di mana 4 di antaranya berada di Jawa Barat, 1 di Jawa Tengah, dan 4 lainnya di Jawa Timur. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan