Pilkades Serentak Kabupaten Sintang, Pemkab Anggarkan 5,4 Miliar

15 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Sintang dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak telah menggelontorkan anggaran melalui APBD Sintang senilai Rp5,4 miliar.

”Setiap Pilkades mesti disiapkan bantuan keuangan, tidak ada pendaftaran dari calon, semuanya gratis. Jelas hitungannya ada di kami dan sudah di SK kan, semua total dananya Rp 5,4 miliar lebih, bagi 291 desa,” ungkap Kadis PMPD Kabupaten Sintang ini.

Dirinya menambahkan, tidak semua anggaran pemilihan kepala daerah serentak ini dibebankan ke APBD Sintang. Salah satunya adalah untuk protokol kesehatan.

“Tidak semua dibebankan ke APBD. Kalau untuk penerapan prokes itu boleh menggunakan dana desa,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, juga menyampaikan untuk melaksanakan pilkades serentak di Kabupaten Sintang, pihaknya sudah menyiapkan diri dengan mengeluarkan regulasi dan persiapan yang lainnya sesuai petunjuk dari Kemendagri.

“Dalam satu TPS, kami sudah membuat aturan tidak boleh melebihi 500 orang pemilih. Penerapan protokol kesehatan, juga sudah diatur dengan administrasi yang lengkap dan sudah kami laporkan ke Kemendagri,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang, Herkulanus Roni menyampaikan, jumlah desa yang mengikuti pilkades serentak yang merupakan penundaan pilkades tahun 2020 berjumlah 291 desa di 14 kecamatan. Ada 1.005 TPS dengan jumlah calon kepala desa ada 1. 023 orang dan jumlah DPT mencapai 188. 820 orang. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan