PHBI Kabupaten Sintang Batalkan Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri 1442 H

18 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang akhirnya membatalkan kegiatan pawai takbiran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H yang sedianya akan dilakukan pada tanggal 12 Mei 2021malam, dengan menggunakan Kapal Bidar Pelangi Jubair.

Kepastian batalnya acara tersebut, disampaikan Ketua I PHBI, Anang Nurkhalis kepada media ini, Jumat (7/5/2021).

“Benar acara tersebut sudah dibatalkan dan sudah kita keluarkan surat pemberitahuan resminya hari ini kepada Lurah, Pengurus Masjid atau Surau dan Ormas Islam se-Kabupaten Sintang untuk segera diumumkan ke masyarakat melalui masjid dan surau,” ungkapnya.

Pembatalan acara tersebut, lanjut Anang Nurkhalis dengan pertimbangan kondisi pandemi covid-19 dan untuk menghindari terjadinya kerumunan serta anjuran atau himbauan dari pemerintah.

“Keputusan pembatalan kegiatan pawai takbiran Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah ini, setelah panitia mendapat masukan dari berbagai pihak. Intinya kita umat Muslim di Kabupaten Sintang ini sangat mendukung upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Sintang,” jelas Anang Nurkhalis.

Dengan keluarnya surat pembatalan ini, lanjut Anang umat muslim dihimbau untuk melaksanakan takbiran di masjid dan surau terdekat.

“PHBI Kabupaten Sintang tentunya sangat memohon maaf atas pembatalan ini, namun dengan tidak mengurangi kemeriahan menyambut Idul Fitri silahkan untuk takbiran di masjid atau surau terdekat dan tidak usah berkeliling dijalan sehingga menimbulkan kerumunan,” imbaunya.

PHBI Kabupaten Sintang juga menyerahkan kepada pihak keamanan, jika ada ditemukan masyarakat yang melakukan konvoi pawai dijalan-jalan. Sementara untuk teknis penyelenggaraan sholat Ied, pihaknya akan melakukan rapat pada Senin nanti dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang.

Keputusan pembatalan pawai takbir Idul Fitri 1442 H ini tertuang dalam surat Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang nomor 28/PHBI/V/2021 tertanggal 7 Mei 2021.

Sebelumnya, PHBI Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sintang, menyambut perayaan Idul Fitri 1442 hijriah, akan menggelar pawai kendaraan air.

Pawai akan dilaksanakan Rabu 12 Mei 2021 malam dan dilepas Bupati Sintang dan PHBI juga telah menyurati pihak kelurahan di kota sintang serta organisasi Islam mengenai kegiatan takbir ini. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan