PHBI dan MABM Sintang Akan Gelar Pawai Kendaraan Air Sambut Idul Fitri 1442 H 

78 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Menyambut perayaan Idul Fitri 1442 hijriah , Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Sintang, Kalimantan Barat, akan menggelar pawai kendaraan air. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sintang.

“Pawai akan dilaksanakan Rabu 12 Mei 2021 malam dan dilepas Bupati Sintang dan juga telah menyurati pihak kelurahan di kota sintang serta organisasi islam mengenai kegiatan takbir ini ” kata Anang Nurkholis, Ketua 1 PHBI Sintang, kepada media ini

Berdasarkan hasil rapat, kata Anang, Bupati Sintang menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam pawai keliling.

“Nantinya, Bupati Sintang akan naik Kapal Bidar Pelangi Jubair bersama tamu undangan yang terbatas untuk takbir keliling mengelilingi Sungai Kapuas dan Sungai Melawi Sintang,” jelasnya.

“Ayo kita sukseskan acara ini. Mudah-mudahan kita semua selalu diberikan kesehatan di masa pandemi ini. Pesan kami tetap jaga jarak dan pakai masker. Patuhi protokol kesehatan ketika menonton, pihaknya juga telah mendapatkan ijin dari tim satgas covid 19,” ajaknya.

Mengenai rute pawai, Anang menyebut Kapal Bidar Pelangi Jubair akan mulai berangkat dari Pendopo. Kemudian berlayar hingga jembatan Melawi. Setelah itu, kembali ke Sungai Durian, Masuka dan menyeberang ke Kelurahan Kapuas Kiri Hilir. Lalu, lanjut melewati depan Istana Al Mukarramah hingga Jembatan Kapuas dan kembali lagi Kedepan  pendopo.

“Perkiraan pawai sekitar satu jam lebih. Kapal akan berjalan pelan. Pawai keliling di jalur sungai merupakan alternatif  karena kita sedang di masa pandemi COVID-19. Biasanya, pawai di jalan. Sekarang menggunakan kendaraan air. Supaya kita bisa menjaga jarak. Dan, kita tetap bisa takbiran,” ungkapnya. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan