Legislator Sintang Ingatkan Masyarakat Perketat Protokol Kesehatan

31 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Ketua Komisi C DPRD Sintang, Sandan mengingatkan masyarakat untuk memperketat penerapan protokol kesehatan. Apalagi, kasus covid-19 di Indonesia sekarang terus menunjukkan tren peningkatan.

Dia mengingatkan masyarakat untuk tetap memperketat penerapan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

“Penting untuk diketahui saat ini kita berada di zona orange yang artinya aktivitas masih diperbolehkan. Namun kalau sampai di zona merah, maka perlakuannya akan berbeda. Mungkin saja tempat-tempat umum yang berpotensi orang berkumpul tidak diperbolehkan lagi,” kata Sandan.

Untuk itu, masyarakat harus bekerjasama dengan pihak terkait untuk tetap menjaga Kabupaten Sintang agar turun ke zona kuning.

Caranya memperketat protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu.

“Kita semua memiliki tanggungjawab yang sama untuk menjaga daerah kita bisa kembali berada di zona kuning. Apalagi sekarang di beberapa daerah lain sudah mengalami peningkatan yang siginifikan. Jangan sampai hal yang sama terjadi di daerah kita,” ujarnya.

Seperti diketahui, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang pada 13 Juli 2021 telah merilis zonasi penyebaran covid-19 perkecamatan, dimana ada 6 kecamatan masuk zona orange atau daerah dengan resiko sedang untuk tertular covid-19 ada 8 kecamatan masuk zona kuning atau daerah dengan resiko rendah untuk tertular covid-19.

6 kecamatan yang masuk zona orange atau resiko sedang yakni; Sintang, Dedai, Binjai Hulu, Ketungau Hilir, Sungai Tebelian, dan Kelam Permai.

Sedangkan 8 kecamatan yang masuk zona kuning yaitu; Kayan Hilir, Sepauk, Kayan Hulu, Tempunak, Serawai, Ambalau, Ketungau Tengah dan Ketungau Hulu.

Sementara itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat tertanggal 12 Juli 2021, untuk wilayah Timur Kalimantan Barat, Kabupaten Sintang berada diurutan tertinggi dengan kasus konfirmasi covid-19 yang mencapai 1.306 orang. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan