Kasus Pasien Corona Meninggal Meningkat, Eko Bintara : Jangan Tunggu Parah Baru ke Rumah Sakit

34 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Wakil Ketua I Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang, Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan menyebut bidang komunikasi publik dalam Satgas harus memberikan edukasi masyarakat dengan menunjukan data ilmiah kepada orang yg tidak percaya kepada Covid-19.

Bahkan, Komandan Kodim 1205/Sintang ini berpandangan, orang yang tidak mempercayai adanya virus corona adalah bentuk merendahkan profesi kesehatan dan hasil penelitian para ilmuan.

“Ada hal krusial bagaimana masyarakat menyikapi kasus Covid-19, dimana masih ada masyarakat yang tidak mempercayai Covid-19. Mungkin sosialisasi yang kita lakukan belum efektif. Kondisi covid relatif tiap orang berbeda-beda. Mari kita efektifkan satgas dengan lakukan maping,” kata Eko, Jumat 21 Mei 2021.

Kasus kematian pasien akibat corona di Kabupaten Sintang, kata Eko meningkat. Faktornya antara lain, masyarakat datang ke rumah sakit jika kondisinya sudah parah.

ÔÇťorang yang meninggal karena covid-19, rata-rata datang ke rumah sakit pada saat sakitnya sudah parah. Seharusnya ketika ada gejala terinfeksi covid-19, langsung berobat, jangan tunggu parah baru ke rumah sakit. Ada yang sudah terinfeksi, namun masih santai di tempat umum,” ungkapnya.

Sosialisasi dan publikasi edukasi terkait Covid dinilai Eko perlu diperkuat lagi oleh Satgas Bidang Komunikasi Publik.

“Saya ingin satgas ini sebagai sebuah organisasi semakin efektif dan berfungsi dengan baik. Kadinkes seharusnya tidak memiliki tanggungjawab komunikasi publik melainkan diskominfo sesuai struktur di Satgas Covid-19. Dinas kesehatan, rumah sakit hanya menyediakan data. Maka dari itu mari kita berikan pemahaman kepada masyarakat tentang Covid-19,” jelasnya. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan