Kadis Kesehatan Sintang Sebut Baru 69 Desa Yang Sudah Deklarasikan ODF

8 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh mengungkapkan, dari 391 jumlah desa yang ada di Kabupaten Sintang, baru 69 desa yang sudah mendeklarasikan sebagai desa ODF atau sebagai Desa Open Defecation Free.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh saat ikut mendampingi Bupati Sintang di acara deklarasi Desa Betung Permai, Kecamatan Ketungau Hilir sebagai Desa Open Defecation Free (ODF), yang berlangsung di halaman SDN 41 Sepinang, Desa Betung Permai, Kecamatan Ketungau Hilir, pada Senin, (28/6/2021).

“Jumlah tersebut memang masih kecil, namun kita terus berupaya untuk meningkatkannya. Desa Betung Permai ini merupakan desa yang ke 69 dari 391 desa yang sudah mendeklarasikan diri sebagai desa Open Defecation Free di Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Dirinya mengaku sangat menghargai serta apresiasi kepada perangkat Desa dan seluruh masyarakat Desa Betung Permai yang sudah berusaha keras agar Desa Betung Permai ini menjadi desa ODF.

“Patut dihargai kerja keras perangkat desa ini untuk mewujudkan desa ODF, dan memang harus seperti itulah karena akan memberikan dampak baik bagi kesehatan lingkungan masyarakat di Desa Betung Permai ini,” ungkapnya.

Seperti diketahui Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan