Jarot Winarno Hadiri HKG PKK-47 Tahun 2019

77 views
banner 468x60)
WARTASINTANG.COM – Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, selanjutnya di singkat PKK, adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Sasaran Gerakan PKK adalah keluarga, baik di pedesaan maupun perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadiannya, dalam :
1. Mental Spiritual meliputi sikap dan perilaku sebagai insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga negara yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
2. Fisik Material meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan ketrampilan.

Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Terkait hal itu, pada hari Selasa, (25/6/2019) Bupati Sintang Jarot Winarno menghadiri kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga atau PKK yang ke-47 tahun 2019 tingkat Kabupaten Sintang, yang diselenggarakan di Gedung Pancasila Sintang.

Setibanya Bupati di Gedung Pancasila Sintang, Jarot Winarno langsung meninjau Pangan Murah yang diselenggarakan oleh PKK bekerjasama dengan Bulog Sintang, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan makanan dan minuman tradisional, kerajinan tangan, dan pernak-pernik buatan ibu-ibu PKK tingkat Kecamatan se-Kabupaten Sintang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang Ny. Rosinta Askiman, jajaran pimpinan OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, serta para forkopimda.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan bahwa kehadiran PKK bagi Pemerintah sangatlah dibutuhkan dalam pembangunan, “Jadi sesuai tema Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 tahun 2019 ini selaras dengan Program Pemerintah, jadi program pemerintah kabupaten Sintang yaitu mengentaskan kemiskinan, sehingga peran PKK sangat penting dalam program ini, karena PKK sasarannya adalah keluarga yang berbasis pada dasawisma,” kata Jarot.

Jarot menambahkan bahwa tanpa PKK maka program Pemerintah akan sulit dituntaskan, “Kalau kita tidak dibantu oleh PKK, maka tidak akan bisa berhasil bagi Pemerintah dalam mengatasi kemiskinan di Kabupaten Sintang, kemudian stunting di Sintang dan masalah sosial masyarakat lainnya,” tambah Jarot.

Perlu diketahui, sambung Jarot, bahwa tingkat kemiskinan di Kabupaten Sintang masih tinggi, “Masalah kemiskinan kita di Sintang ini masih ada, sekitar 10,35% dari total penduduk masih dalam kemiskinan, sehingga dengan gerakan 10 Program PKK bisa mensiasati dan membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan,” ucapnya.

“Karena, masih kata Jarot, program PKK itu ada menyangkut sandang, pangan, kesehatan, perencanaan, tatalaksana rumah tangga, dan gotong royong, ini penting bagi kita semua,” sambungnya.

Bupati Sintang mengajak seluruh pengurus PKK Kabupaten Sintang untuk meningkatkan kinerja PKK, “Mari kita tingkatkan kinerja kita, apapun programnya, kita tingkatkan 10 Program PKK, dengan menyasar kepada keluarga agar lebih sehat dan sejahtera, yang berbasis dasawisma yang perlu ditingkatkan lagi,” pesan Jarot.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Yosefina Biong mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini diselenggara dalam rangka untuk memasyarakatkan gerakan PKK yang bermanfaat bagi masyarakat, “Kita selenggarakan untuk meningkatkan dan memasyarakatkan pemahaman tentang PKK, bagi masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan, daripada program dan kegiatan PKK, serta memberikan motivasi bagi kader PKK untuk mampu melaksanakan program PKK,” katanya.

Yosefina menambahkan bahwa dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 tahun 2019, PKK Kabupaten Sintang menggelar berbagai kegiatan dan lomba, “Jadi PKK Sintang menggelar berbagai kegiatan, untuk Kelompok Kerja 1 itu difokuskan pada lomba asuh anak dan remaja, kemudian untuk Kelompok Kerja 2 yaitu lomba keterampilan anyam-anyaman dan kue khas daerah, serta kami juga mengadakan Pangan Murah yang bekerjasama dengan Bulog Sintang,” tambahnya.

banner 468x60)

Daerah

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    banner 468x60)

    Tinggalkan pesan