Ikan Belida Masuk Kategori Dilindungi, Anggota Komisi IV DPR RI Minta Permen Kelautan dan Perikanan Dievaluasi

15 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Anggota Komisi IV DPR RI asal Kalimantan Barat, Yessi Melania mengaku kaget soal ikan Belida yang masuk kategori ikan yang dilindungi melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 1 tahun 2021 tentang jenis ikan dilindungi.

Untuk itu dirinya meminta agar Permen tersebut untuk dilakukan evaluasi karena menimbulkan reaksi keras dimasyarakat.

“Kita ingin agar permen itu dievaluasi karena sudah menimbulkan reaksi di tengah masyarakat,” tambah Yessy Melania, Jumat (11/6/2021).

Menurutnya, potensi ikan lokal juga banyak yang perlu dikembangkan dan perlu dibantu oleh pemerintah pusat seperti ikan semah dan ikan arwana.

“Pemerintah pusat sudah merencanakan akan membangun Kampung Semah di Kapuas Hulu untuk membudidayakan ikan semah secara massal dan menyelamatkan ikan lokal ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, jika ikan belida telah ditetapkan sebagai hewan dilindungi dengan kategori perlindungan penuh. Perlindungan penuh ini ditetapkan dalam keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 1 tahun 2021 tentang jenis ikan dilindungi.

Dengan status perlindungan penuh, masyarakat dilarang menangkap bahkan mengonsumsi salah satu jenis ikan air tawar endemik Sungai Kapuas ini.

Untuk itu, KKP meminta masyarakat menghentikan konsumsi ikan belida, termasuk mengganti ikan belida dengan jenis ikan lain untuk produk olahan seperti kerupuk basah Kapuas Hulu maupun produk olahan lain seperti pempek.

Ikan Belida adalah Fauna Endemik asli Indonesia, hewan yang satu ini banyak hidup di sungai-sungai besar, daerah aliran sungai hingga area danau sekitar Pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

Secara pelafalan fauna Ikan ini mempunyai banyak nama, di Kalimantan ikan ini bernama Ikan Pipih, di kawasan Jawa Barat namanya Lopis, sedang warga Sumatra khususnya Lampung ikan ini bernama Punyew Belidow (Ikan Belida). (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan