IDM di Sintang Meningkat Desa Mandiri Bertambah, Ini Kata Komisi A DPRD Sintang

18 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Komisi A DPRD Sintang sangat memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat(Kalbar), yang berhasil meningkatkan Indek Desa Membangun (IDM) tahun 2021.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi A DPRD Sintang, Santosa di Ruang Komisi A, Gedung DPRD Sintang pada Jumat (11/6/2021). Dalam kesempatan tersebut, Santosa menilai Indeks IDM Sintang mengalami peningkatan yang luar biasa.

Keberhasilan Pemkab Sintang membangun Desa Mandiri kata Santosa, merupakan keberhasilan semua pihak yang terlibat, khususnya pemerintahan desa. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi dan merasa bangga terhadap Bupati Sintang yang telah mampu meningkatkan Desa mandiri.

“Keberhasilan meningkatkan IDM di Kabupaten Sintang, tentunya akan mendukung keberhasilan di Jawa Barat,” kata Santosa

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, dengan capaian tersebut nantinya akan tidak ada lagi desa yang tertinggal di Kabupaten Sintang. Ketika berhasil membangun desa, lanjut dia, maka otomatis membangun Kabupaten juga akan berhasil, begitu pun dengan Provinsi.

“Saya sangat mendukung Deklarasi IDM dan berharap menjadi motivasi bagi desa-desa yang lain,” jelasnya.

Diketahui, penilaian tiga dimensi IDM yakni dimensi lingkungan, dimensi sosial dan dimensi ekonomi. Dimensi lingkungan terdiri dari kualitas lingkungan hidup dan potensi rawan bencana. Dimensi sosial terdiri dari kesehatan, pendidikan, modal sosial dan permukiman.

Sebelumnya Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto saat menghadiri acara Penandatanganan Berita Acara Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 secara virtual di Command Center Kantor Bupati Sintang pada Selasa lalu menyebutkan tahun 2021 hasil pengukuran tahun 2020 yang lalu, di Kabupaten Sintang sudah tidak ada desa sangat tertinggal, 72 desa tertinggal, 206 desa berkembang, 68 desa maju dan 44 desa mandiri.

“Mendapat peringkat tersebut tidak mudah karena melalui tahapan dan kriteria dalam meraih desa mandiri. Untuk itu, saya ucapkan selamat dan berikan apresiasi yang tinggi,” ucap Santosa.

Santosa mengatakan di Kabupaten Sintang sudah tidak ada desa dengan kategori tertinggal. Ia mengimbau kepada para kepala desa agar terus meningkatkan kinerja untuk meningkatkan kategori desanya agar lebih baik lagi. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO 

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan