HMI Diingatkan Untuk Tidak Termakan Hoax Terkait Vaksin

23 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat meminta kepada anggota HMI untuk tidak termakan oleh kabar bohong alias hoax tentang masalah vaksin yang sedang marak-maraknya pada saat ini.

Itu disampaikan Yasser, saat membuka Pelaksanaan Konferensi Cabang ke XVIII dan Musyawarah Kohati Cabang ke XV Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Sintang di Balai Ruai Kompleks Rumah Dinas Bupati Sintang pada Kamis, (24/6/2021).

“Saya berharap kaum milenial yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam agar tidak termakan isu hoax tentang kasus vaksinasi yang beredar luas di dunia maya. Mari kita bersama bijak menggunakan sosial media, memilah dengan cermat berita-berita yang kita terima dengan baik,” ungkap Syarief Yasser Arafat.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Syarief Yasser Arafat mengatakan, penyebaran hoaks terkait vaksin Covid-19 telah merugikan program vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah.

“Karena hal ini merugikan program vaksinasi, sehingga berimbas pada rendahnya cakupan vaksinasi, tidak hanya vaksinasi Covid-19,” katanya.

Untuk itu dirinya mengingatkan agar meminta agar masyarakat dapat memilah-milah informasi yang tersebar di berbagai platform. Publik pun perlu mendapat penjelasan dari institusi yang kredibel dan dapat dipercaya, seperti Kemenkes dan Kemkominfo.

Dirinya menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi, apabila terjadi demam atau bengkak di tempat penyuntikan tidak perlu panik. Itu adalah hal yang biasa saja dalam proses pembentukan antibodi dalam tubuh manusia.

“Reaksi-reaksi ringan akibat divaksinasi itu bisa hilang dalam satu dua hari. Dalam kartu vaksinasi pun sudah diberikan nomorkontak untuk menghubungi apabila terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Kita juga minta HMI membantu dalam sosialisasi program vaksin,” ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang juga meminta agar Himpunan Mahasiswa Islam berperan aktif dan ikut serta dalam membangun Sintang Lestari. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan