Hari Buruh 2021, Ketua DPRD Sintang Ingatkan Perusahaan Soal THR

21 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny memastikan DPRD Sintang akan selalu menyerap aspirasi buruh. Hal itu ditegaskannya pada momen peringatan Hari Buruh Internasional, Sabtu (1/5/2021).

Ronny menjelaskan, DPRD Sintang konsisten memperjuangkan kepentingan buruh dengan mendorong pemerintah melibatkan kelompok buruh dalam membahas aturan turunan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker). Di antaranya pembahasan mengenai upah, hubungan kerja dan jaminan saat kehilangan pekerjaan.

“Itu sudah jadi komitmen DPRD untuk konsisten memperjuangkan kepentingan buruh. Kita ingin perekonomian Indonesia, terkhusus Kabupaten Sintang bangkit dan para pekerja sejahtera,” kata Ronny dalam keterangannya, kepada media ini Sabtu (1/5/2021).

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu juga meminta pengusaha memenuhi hak para pekerjanya mendapatkan tunjangan hari raya ( THR ). Hal itu sejalan dengan peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah bahwa THR pada hari raya Lebaran tahun ini harus dibayar penuh dan tepat waktu oleh pengusaha kepada para tenaga kerjanya.

“Semoga para pengusaha memenuhi hak-hak pekerja untuk memberikan THR seperti yang sudah ditetapkan pemerintah,” ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau mahasiswa dan Serikat Pekerja di Kabupaten Sintang agar dalam memperingati Hari Buruh tahun ini dengan tidak menggelar aksi unjuk rasa yang menimbulkan kerumunan.

“Cukup dengan menyampaikan aspirasi melalui perwakilannya saja, tak perlu membawa massa yang nanti menimbulkan kerumunan dan melanggar protokol kesehatan. Kita siap berdialog kok,” ujar Ketua DPRD Sintang ini.

Seperti diketahui, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja Nomor M/6/HK.04/IV/2021 tentang pelaksanaan pemberian THR keagamaan tahun 2021 bagi pekerja/buruh di perusahaan.

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa THR wajib dibayar penuh dan tepat waktu pada tanggal 12 April 2021 atau selambatnya 7 hari sebelum hari H Lebaran. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan