Disebut Masuk Dalam Zona Hitam, Kadis Kesehatan Sintang Tegas Katakan HOAX

24 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh menepis isu yang menyebutkan bahwa Kabupaten Sintang sudah masuk dalam Zona Hitam penyebaran Covid-19.

Informasi yang beredar ditengah masyarakat tersebut sangat mencemaskan dan membuat banyak pertanyaan banyak kalangan, bagaimana kondisi Sintang selama pandemi dan penanganannya. Menurut Sinto, saat ini Sintang berada di zona orange atau resiko sedang.

“Tidak ada yang namanya zona hitam. Kita saat ini masuk kategori zona orange, atau resiko sedang. Jadi kabar yang beredar tersebut adalah Hoax, tidak benar kalau ada yang bilang Kabupaten Sintang ada di zona hitam,” tegas Sinto, Jumat 23 April 2021.

Munculnya informasi menyesatkan itu cepat berkembang di media sosial, termasuk pesan whatsapp, bahwa Sintang berada di zona hitam karena ditemukan kluster baru di Kecamatan Tempunak.

Informasi yang berkembang berasal dari kluster sunatan massal yang mengakibatkan puluhan orang terpapar corona. Sinto memastikan informasi ini hoax.

“Hoax itu. Gak ada itu, kita masuk lagi ke zona orange setelah sempat zona kuning. Ada pihak yang sengaja membuat kehebohan ditengah Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang yang giat dan gencar melakukan razia protokol kesehatan seperti yang dilakukan saat ini,” jelasnya.

Karena masuk zona orange, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang intensif melakukan pencegahan dan penegakan disiplin prokes dengan melakukan razia dan langsung dilakukan pemeriksaan swab antigen di tempat.

“Ini untuk mencegah terjadinya penyebaran covid 19 di masyarakat, terutama tempat nongkrong, seperti di warung kopi,” ujar Sinto.

Sinto meminta masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial. Dia menyarankan agar masyarakat lebih kritis dalam memilah dan mempercayai informasi. Setiap informasi soal corona, disampaikan sumber terpercaya yaitu dari Satgas. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan