Dewan Menilai Pelabuhan Sungai Ringin Belum Dimanfaatkan Maksimal

18 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Tuah Mangasih menyoroti belum difungsikanya pelabuhan Sungai Ringin di Kelurahan Kedabang Kecamatan Sintang.

“Pembangunan pelabuhan Sungai Ringin sudah menghabiskan banyak biaya. Tapi tidak pernah berfungsi hingga saat ini,” kata Tuah baru-baru ini di DPRD Sintang.

Belum difungsikannya pelabuhan Sungai Ringin, kata Tuah, sudah sering disampaikan ke pemerintah. Tapi tidak pernah mendapat jawaban yang memuaskan.

“Ada kesan saling lempar terkait masalah ini. Pihak kabupaten menyatakan wewenangan Dinas Perhubungan Provinsi. Dinas Perhubungan Provinsi bilang itu kewenangan Kementerian Perhubungan pusat,” bebernya.

Menurut Tuah, meski kewenangan itu tidak berada di Pemkab Sintang, seharusnya ada koordinasi yang baik antara mereka.

“Yang saya mau adalah bagimana koordinasi antara pusat, provinsi dan kabupaten agar pembangunan yang dilakukan bermanfaat. Sehingga tidak terkesan bahwa pembangunan yang dilakukan hanya mengejar `proyek` semata,” ucapnya.

“Mereka menggarkan dana untuk pembangunan, sementara tidak bermanfaat untuk masyarakat. Kita semua tahu bagaimana kondisi pelabuhan Sungai Ringin, bangunan di sekitar banyak yang sudah roboh sebelum digunakan. Jalan-jalan yang dibangun juga sudah rusak sebelum pelabuhan Sungai Ringin digunakan,” katanya.

Pembangunan yang dilakukan, kata Tuah, yang paling utama adalah harus ada asas manfaat. Harapan itu juga disampaikan Tuah dengan adanya Perda Rencana Detail Tata Ruang Bagian Wilayah Perencaaan Industri Singai Ringin. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat Kabupaten Sintang.

“Harus difikirkan manfaat untuk masyarakat seperti apa. Serta apa manfaatnya untuk masyarakat Kabupaten Sintang,” pungkasnya.(Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan