Bupati Sintang Tinjau Langsung Pelaksanaan Test Tertulis Balon Kades, Pilkades Serentak 2021

73 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Bupati Sintang Jarot Winarno, meninjau proses kegiatan test tertulis Bakal Calon Kepala Desa yang mendaftar pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sintang tahun 2021, yang di laksanakan di Kampus Universitas Kapuas Sintang, Rabu (28/4/2021).

Test tertulis ini diikuti 188 peserta dari 24 desa yang bakal calon kadesnya lebih dari lima orang kontestan. Sehingga dari hasil test tersebut nantinya akan di pilih 5 orang kontestan yang hasilnya di nyatakan lulus untuk mengikuti tahapan Pilkades selanjutnya.

Sementara desa yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak di Kabupaten Sintang tahun 2021 ini yaitu berjumlah 297 desa.

“Sesuai ketentuan, Calon Kades yang menjadi peserta Pilkades Serentak 2021 minimal 2 kandidat dan maksimal 5 kandidat. Sedangkan desa yang Balon Kadesnya lebih dari 5, harus mengikuti pelaksanaan seleksi tertulis,” ujar Bupati Sintang usai melakukan peninjauan.

Semua peserta wajib mematuhi penerapan protokol kesehatan, yakni memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak, demi menjaga kesehatan bersama di masa pandemi Covid-19.

“Protokol Kesehatan harus dikedepankan. Ini penting, mengingat situasi pandemi covid-19 di Kabupaten Sintang,” ungkap Jarot.

Karena kuota maksimal peserta Pilkades Serentak 2021 adalah 5 orang calon kades/desa, maka 188 balon kades yang mencalonkan di 24 desa ini nantinya hanya menyisakan 120 orang calon kades.

“Hasil Seleksi ini untuk mendapatkan 5 orang peserta Pilkades di masing-masing desa, sesuai ketentuan maksimal 5 orang calon kades di setiap desa yang menyelenggarakan Pilkades,” tutupnya.

Dalam peninjauan ini, Bupati didampingi oleh Anggota DPRD Kabupaten Sintang Santosa, Kepala DPMPD Kabupaten Sintang Herkolanus Roni, Asisten I Setda Sintang Sy. Yasser Arafat, dan unsur terkait lainya. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan