Bupati Sintang: Aplikasi SIMPELMAN, Untuk Memberikan Layanan Terbaik Kepada Masyarakat

37 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Teknologi telah menggeser banyak hal dalam penyelenggaran pelayanan dan kehidupan bermasyarakat. Ketanggapan dan keluwesan organisasi merupakan suatu hal penting untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada masyarakat atau stakeholder.

Demikian diungkapkan Bupati Sintang Jarot Winarno, usai mengikuti Launching Layanan Online Lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat secara virtual di Command Center pada Jumat, (21/5/2021) yang didampingi Wakil Bupati Sudiyanto dan Sekretaris Daerah Yosepha Hasnah.

“Jadi perlu upaya-upaya ekstra agar pelayanan yang kita berikan di era saat ini dapat sesuai dengan harapan stakeholder,” ujarnya.

Jarot menambahkan, launching Layanan Online Lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat yang telah mengembangkan layanan online melalui aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pelayanan Manajemen Aset Negara (SIMPELMAN).

“SIMPELMAN dibangun sebagai sarana untuk memonitor pelayanan yang diberikan oleh Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Monitor pelayanan tersebut dilakukan dua sisi yaitu dari sisi manajemen kantor melalui pimpinan dan dari sisi stakeholder sehingga dapat memantau proses permohonan layanan yang telah diajukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak terjadi penyimpangan dalam pemberian layanaan seperti penundaan layanan, penyalahgunaan wewenang, penyimpangan prosedur dan lainnya,” jelasnya.

Aplikasi ini juga sebagai sarana bagi pegawai untuk meningkatkan kinerjanya dan sarana bagi pimpinan untuk memonitor proses layanan yang diberikan sehingga dapat diselesaikan sesuai atau lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.

SIMPELMAN sejalan dengan pengendalian internal sesuai konsep “three line of defence”. Dimana terdapat tiga lini pertahanan.

“Lini pertahanan pertama dilaksanakan oleh manajemen dan seluruh pegawai, lini ini bertanggung jawab melaksanakan pengendalian proses bisnis. Lini pertahanan kedua menjalankan fungsi kepatuhan dilaksanakan oleh unit kepatuhan internal, bertanggung jawab untuk memantau pelaksanaan proses bisnis pada lini pertahanan pertama. Lini Pertahanan ketiga melaksanakan fungsi audit dan review atas penerapan pengendalian intern,” jelasnya lagi.

SIMPELMAN merupakan wujud pengejawatahan arahan yang selama ini digaungkan oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat yaitu “Make It Simple But Signifikan” dan menyuratkan serta menyiratkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jasa. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan