Berencana Bangun Laboratorium Albumin, Tim PT. ADI Audiensi Dengan Bupati Sintang 

13 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Bupati Sintang, Jarot Winarno, menerima audiensi dari Team PT. Agrapana Damayanti Indobiotek, di Pendopo Bupati Sintang, Senin (14/6/2021).

Audiensi tersebut membahas terkait riset dan pengembangan produk lokal berkelanjutan di daerah Kabupaten Sintang oleh PT. Agrapana Damayanti Indobiotek, yakni pengembangan sumber perikanan ikan gabus yang bisa menghasilkan albumin.

Bahkan dalam presentasinya, PT. Agrapana Damayanti Indobiotek menyampaikan pihak mereka merencanakan akan membangun laboratorium untuk penelitian dan produksi albumin yang di hasilkan dari ikan gabus sebagai awal program kerjanya di Kabupaten Sintang.

Selain itu, kedatangan mereka juga untuk meninjau daerah sumber pertanian coklat dan tengkawang, serta juga melakukan diskusi dengan petani, peternak, nelayan dan komunitas masyarakat lokal.

Turut mendampingi Bupati Sintang pada audiensi tersebut yakni, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Sintang, sejumlah pimpinan OPD dan jajaran OPD terkait di lingkungan Pemkab Sintang, dan unsur terkait lainnya.

Apa Itu Albumin?

Albumin adalah salah Satu jenis protein darah yang diproduksi di hati (hepar). Saat hati normal mampu memproduksi 11-15 gr albumin/hari. Albumin (bahasa Latin: albus, white) adalah istilah yang digunakan untuk merujuk ke segala jenis protein monomer yang larut dalam air dan larutan garam, dan mengalami koagulasi saat terpapar panas. Substansi yang mengandung albumin, seperti putih telur, disebut albuminoid.

Albumin berfungsi mengatur tekanan osmotic darah, menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga bisa mempertahankan volume darah. Albumin juga berfungsi sebagai pangangkut unsur-unsur yang kurang larut dalam air (seperti: asam lemak bebas, kalsium, zat besi dan beberapa unsur obat) melewati plasma darah dan cairan sel, selain itu Albumin bermanfaat untuk membantu pembentukan jaringan sel baru ataupun mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah / rusak. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan