Anggota DPRD Sintang Minta Masyarakat Dukung Program Penurunan Stunting

25 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih meminta semua khususnya yang berada di pinggiran sungai yang ada di Kabupaten Sintang untuk mendukung program stunting. Salah satunya dengan penertiban jamban-jamban di bantaran sungai.

“Perilaku buang air besar sembarangan termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat,” kata Tuah Mangasih

Lebih lanjut dikatan Tuah, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

“Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban (sehat) harus mencapai 100% pada seluruh komunitas,” jelasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini para kepala desa yang sudah membantu dalam hal menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

“Tentunya ini menjadi tugas kita bersama dalam menjaga kondisi lingkungan, dengan tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan baik di kebun maupun di kali, karena ini juga menjadikan kualitas air sungai yang tetap bersih dan dapat dipakai dalam kehidupan sehari – hari,” ungkapnya.

Ia juga meminta Pemerintah Desa yang ada di Kabupaten Sintang untuk lebih serius dalam penanganan stunting. Apalagi Dana Desa dapat digunakan untuk membangun jamban sehat serta program sanitasi dan air bersih.

“Kami berharap setiap Desa mendukung program ini untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Sehingga tidak ada lagi warga yang BAB sembarang khususnya di pinggiran bantaran sungai,” ungkapnya. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan