3 Desa Di Kayan Hilir Terendam Banjir

48 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Bernhad Saragih mengungkapkan tiga desa di Kecamatan Kayan Hilir, Kabupaten Sintang, dilaporkan terendam banjir pada Rabu, (14/7/2021).

“Tiga desa yang tersebut yakni Desa Pakak, Desa Neran Baya dan Desa Sungai Buaya,” ungkap Kepala BPBD Sintang.

Berdasarkan laporan yang diterima BPBD dari Pj Kades Nanga Seran, banjir berdampak pada 70 persen, mulai dari rumah warga, fasilitas umum, hingga dua gereja.

“Kalau di Desa Sungai Buaya, kurang lebih 85 persen terkena banjir. Ada pula fasilitas umum, kantor BPD, Puskesdes, posyandu, paud,dan balai dusun,” ujar Saragih.

Kalau di Desa Sungai Buaya, kurang lebih 85 persen terkena banjir. Ada pula fasilitas umum, kantor BPD, Puskesdes, posyandu, paud,dan balai dusun,” ujar Saragih.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang, Sugianto melaporkan ada 128 kk di Desa Sungai Buaya yang terdampak banjir. Rencananya, besok tim reaksi cepat BPBD akam turun ke lokasi.

“Jumlah 3 desa yang sudah melapor. Besok pagi akan saya tugas kan tim TRC BPBD ke lapangan,” kata Sudiyanto

Selain banjir, bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Pakak, tepatnya di kaki bukit bank. Jarak titik longsor dengan pemukiman warga sekitar 4 kilo meter.

“Longsor terjadi subuh. Jaraknya 4 km dari pemukiman. Suaranya terdengar dari pemukiman. Sementara belum ada warga yang ke lokasi tanah longsor, warga masih menata perabotan rumah tangga. Ada yang mengungsi ke rumah saudara yang berada di dataran tinggi,” ujarnya. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan