Liyus Ingatkan Bahaya Pinjam Uang Lewat Online, Waspada Ilegal

28 views
banner 468x60)

SINTANGMEDIA : Anggota DPRD Sintang dari PKP Indonesia, Liyus mengingatkan masyarakat agar berhati-hati menggunakan jasa pinjaman uang online (pinjol). Banyak jasa pinjol tanpa izin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kemudahan yang diberikan itu adalah modus. Mereka kemudian akan menjerat penggunanya dengan segala cara, seperti bunga harian yang tinggi, ancaman, intimidasi, pelecehan, bahkan membocorkan data pelanggannya,” ujar Liyus belum lama ini.

Kalau pun harus meminjam secara online, legislator asal dapil Ketungau itu berharap masyarakat bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu fintech pinjaman online yang dimaksud ke OJK.

“Sebisa mungkin, pinjaman online harus dihindari. Namun, jika memang harus meminjam, pastikan aplikasi tersebut terdaftar dan telah memiliki izin OJK. Silahkan cek melalui website OJK, daftarnya ada di situ,” imbaunya.

Dirinya berharap ada tindakan tegas dari pemerintah agar modus pinjaman online ini tidak terus berkembang di lapangan.

“Pemblokiran website dan aplikasi harus dilakukan. Para pelakunya juga harus dijerat hukum. Karena dugaan pelanggaran yang mereka lakukan sangat nyata. kita juga berharap kegiatan fintech pinjaman online ilegal bisa diberantas,” katanya.

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelumnya membekukan sebanyak 51 fintech pinjaman online yang dinyatakan tanpa izin alias ilegal. Sehingga total perusahaan jasa pinjaman online yang dinyatakan ilegal telah mencapai 3.000 lebih. Tepatnya, sejak 2018 sampai Februari 2021, total OJK telah menutup sebanyak 3.107 fintech online ilegal.

Ada pun 51 fintech pinjaman online terbaru yang dinyatakan ilegal oleh OJK adalah Go Duit by Jesus Shope, Go Duit – Pinjaman Dana Darura by Rhinoceros Team, Go Duit by Octavia Hollenbaugh, DanaCepat, Uang Pintar, CashGo – Pinjaman Online Cepat Cair, Butuh Modal – Pinjaman Online Cepat Cair, Butuh Modal – Kredit Dana Rupiah Pinjam Cepat Online, Dana Speed, Dana Saku – Online Kredit, KSP Dana Saku, PinjamSaja – KSP Pinjaman Dana Online, Halo Money, dana fun by xinshangjia, Dana fun by dana fun122. (Up)

Editor : PETRUS HERI SUTOPO 

banner 468x60)
Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan